Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Pabrikasi Aluminum Foam Sandwich Menggunakan Metoda Metalurgi Serbuk dengan Urea Sebagai Space Holder – Aris W Nugroho

Pabrikasi Aluminum Foam Sandwich Menggunakan Metoda Metalurgi Serbuk dengan Urea Sebagai Space Holder

 

Aris Widyo Nugroho, Muhammad Budi Nurrahman, Anung Tri Setyawan

Abstrak

Aluminum foam sandwich merupakan salah satu jenis material yang menjanjikan karena di samping ringan, material ini memiliki kekuatan dan kemampuan menyerap energy yang tinggi. Penelitian ini mengembangkan prabrikasi aluminum foam sandwich menggunakan metalurgi serbuk dengan urea sebagai space holder.

Pembuatan specimen Aluminum foam sandwich dilakukan dengan cara mencampur serbuk aluminum dan serbuk urea dengan variasi fraksi massa urea sebesar 50%, 60% dan 70% dengan menggunakan mixer. Campuran serbuk tersebut kemudian dimasukkan ke dalam aluminum hollow  dan dikompaksi. Sintering dilakukan terhadap green body tersebut dalam dua tahap yaitu 200oC dan 650oC dengan holding time masing-masing 1 jam. Spesimen kemudian diamati strukturmikro, struktur makro, dan kekuatan tekannya.

Hasil penelitian menunjukan bahwa  aluminum foam sandwich dapat diproduksi dengan metode metalurgi serbuk dengan urea sebagai space holder dimana pori-pori yang terbentuk didalam aluminum foam sandwich menyerupai bentuk dan ukuran dari urea. Pori-pori mikro yang terbentuk akibat kurang sempurnanya difusi antar partikel serbuk selama proses sintering masih  teramati. Hasil pengujian tekan menunjukkan tegangan luluh pada fraksi massa urea 50% adalah 10,08 MPa, pada fraksi massa urea 60%  sebesar 6,64 MPa, sedangkan pada fraksi massa urea 70% 3,27 MPa.

Kata kunci :aluminum foam, material berpori, metalurgi serbuk

 

 

SEMINAR NASIONAL  ke8Tahun 2013  :  Rekayasa Teknologi Industridan Informasi

SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NASIONAL, 14 Desember 2013   M

About ariswidyonugroho 16 Articles
Silahkan menikmati postingan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*